TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Apa yang Memengaruhi Gigi Bayi?

Posted on: May 7, 2011

Apa yang Memengaruhi Gigi Bayi?

Tidak perlu melakukan hal khusus untuk membantu gigi bayi tumbuh dengan baik, selain merawat diri dan menyantap makanan dengan gizi seimbang. Namun ada beberapa peristiwa yang dapat berdampak langsung pada pertumbuhan gigi bayi.

•    INFEKSI
Jika ibu terkena infeksi karena virus atau bakteri, perkembangan benih gigi mungkin terganggu. Untuk itu, sejauh mungkin hindarilah infeksi selama kehamilan.

•    KELAHIRAN PREMATUR
Bukti terkini menyatakan, kelahiran prematur dan berat lahir bayi yang rendah dapat memengaruhi perkembangan gigi janin. Bayi yang lahir prematur dapat kehilangan masa pembentukan mineral tambahan.

•    OBAT-OBATAN DAN SINAR X
Para praktisi kesehatan gigi dan medis sangat menyadari berbagai risiko yang mengancam gigi bayi dalam kandungan akibat pemberian antibiotik yang mengandung tetrasiklin pada ibu hamil. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna pada gigi bayi yang sedang terbentuk saat itu, tetapi baru akan terlihat ketika gigi tersebut tumbuh. Oleh karena itu, langsung beritahu dokter begitu mengetahui Anda hamil.
Jika Anda sedang dalam pengobatan jangka panjang untuk kondisi medis tertentu, seperti ayan atau gondok, sebaiknya berkonsultasilah pada dokter. Beritahukan tentang rencana Anda untuk hamil. Dengan begitu, mereka dapat menentukan pengobatan yang paling tepat selama kehamilan.
Sinar X juga dapat memengaruhi perkembangan janin. Jadi, Anda harus memberi tahu staf kesehatan, jika sedang hamil – bahkan saat baru menyadari kemungkinan hamil – sebelum menjalani baik sinar X untuk pengobatan gigi atau pemeriksaan rumah sakit.

Anda juga patut berhati-hati terhadap penggunaan merkuri. Kebanyakan tambalan gigi perak mengandung sejumlah kecil merkuri yang merupakan logam beracun.Meskipun jumlahnya begitu kecil, sehingga tambalan ini dianggap aman, merkuri bisa menembus plasenta. Jadi sebaiknya hindarilah pengobatan gigi menggunakan amalgram (campuran logam) saat hamil..

Sumber: Merawat Gigi Bayi – Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak, Jane Chumbley & Clare Walters, Penerbit Erlangga, 2009.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: