TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Bagaimana Gigi Anak Muncul?

Posted on: May 7, 2011

Bagaimana Gigi Anak Muncul?

Hari pertama kita melihat munculnya sesuatu berwarna putih dari gusi sang buah hati, sungguh merupakan hari yang menggembirakan. Gigi kecil pertama yang muncul membuka jalan bagi 20 gigi bayi seutuhnya atau gigi susu yang akan bertahan selama sedikitnya 5 tahun, dan beberapa diantaranya sampai 12 tahun.

Gigi susu bayi sangat penting untuk memberikan dasar yang baik bagi gigi tetap yang tumbuh selanjutnya.

1.    Pada kebanyakan anak (meskipun tidak semua), gigi susu pertama akan muncul di usia 6 bulan. Gigi tersebut bisa muncul secara tiba-tiba, tetapi biasanya didahului benjolan di bawah gusi sebelum muncul.

2.    Dua gigi depan bagian bawah biasanya muncul lebih dahulu, lalu segera diikuti dua gigi depan bagian atas. Keempat gigi ini dikenal sebagai gigi seri tengah dan digunakan untuk menggigit. Setelah gigi awal ini muncul, kita dapat berharap untuk melihat munculnya gigi di sisi kiri atau kanannya, terkadang dua gigi sekaligus. Gigi-gigi ini disebut gigi seri samping. Si buah hati sekarang memiliki delapan gigi.

3.    Gigi-gigi yang selanjutnya bisa dilihat adalah empat gigi belakang (geraham pertama). Dua geraham muncul di rahang bawah, diikuti dengan dua lagi di rahang atas. Ini adalah gigi-gigi yang akan digunakan si buah hati untuk mengunyah. Karena itu, permukaannya rata seperti penumbuk.

4.    Berikutnya, gigi-gigi panjang yang tajam — gigi taring – muncul di kedua rahang.

5.     Akhirnya, rangkaian empat geraham kedua muncul di bagian terbelakang mulut anak, membuat jumlah seluruhnya lengkap 20 gigi susu!

Sumber: Merawat Gigi Bayi – Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi Anak, Jane Chumbley & Clare Walters, Penerbit Erlangga, 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: