TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Bermain Kreatif Lewat Menggambar

Posted on: May 7, 2011

Bermain Kreatif Lewat Menggambar


Tulisan ini memberi Anda ide untuk mendorong anak melakukan kegiatan-kegiatan kesenian, diantaranya menggambar. Tujuannya menunjukkan kepada anak, bermain kreatif sangat menyenangkan, bukan untuk menghasilkan sesuatu yang sempurna. Jadi bersantailah dan nikmati bersamanya.

Kebanyakan anak tidak perlu dibujuk untuk menggambar. Minat mereka juga akan bertambah ketika menyadari sebuah gambar bisa diciptakan dengan menggerakkan krayon di atas kertas, seiring dengan hasil gambarnya yang semakin baik. Gambar anak lebih menunjukkan perkembangan pikiran dan perasaannya daripada bentuk permainan mana pun.
Anak-anak memerlukan waktu untuk belajar memegang pensil layaknya orang dewasa, yang disebut pegangan tiga jari atau tripod, dan ini bukan kemampuan yang bisa dipercepat. Jika mereka mengalami kesulitan untuk memegang dan mengontrol krayon dengan cara demikian, belikan krayon lilin yang berbentuk segitiga, atau pegangan pena khusus

Jangan cemas jika anak menggambar sesuatu yang tidak jelas. Yang penting adalah mengeksplorasi tingkat kemampuan anak dan agar ia menikmati hal-hal baru pada tahap ini. Ingatlah untuk menanyakan apa yang sedang digambar dan memuji hasilnya.

Anak-anak perlu tahu, menggambar bisa dilakukan di tempat-tempat tertentu, namun tidak di tempat lainnya. Jika bisa, pastikan anak-anak memahami, kertas dan pena akan selalu tersedia jika mereka menaati aturan ini. Anda dapat menyediakan sebuah tempat menggambar di atas meja kecil atau di lantai dengan las plastik atau koran.

Sebagian anak memiliki banyak ide untuk menggambar, tetapi anak lainnya masih membutuhkan bantuan. Coba tawarkan buku-buku berwarna, gambar yang dibuat dengan menyambungkan titik-titik, atau beragam pola untuk diwarnai. Mereka masih perlu belajar mengontrol krayon, memilih warna, dan berkonsentrasi. Anda juga bisa menggambar sesuatu dan menyuruh mereka menebaknya.

Misalnya, Anda menggambar seekor beruang. Mungkin Anda bisa memulai dengan menggambar kepala dan mulutnya saja dulu.  Lalu berilah telinga, mata, hidung, dan mulut. Kemudian tambahkan badan yang bundar pada beruang itu. Terakhir, tambahkan tangan dan kaki, lalu warnai.

Seiring dengan kemajuan mereka, mulailah menggiatkan anak meniru apa yang ada di sekelilingnya. Kegiatan yang disebut “menggambar lewat observasi” ini membantu anak menangkap, memahami, dan meniru detail yang mereka lihat – dan semuanya merupakan keterampilan yang bermanfaat.

Sumber: Menghibur dan Mendidik Anak – Panduan Orang Tua, Caroline Young, Penerbit Erlangga, 2010.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: