TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Mengajarkan Buah Hati Etika Ber-SMS

Posted on: January 26, 2013

Sekarang anak-anak sudah terbiasa dengan peralatan elektronik yang mungkin dulu orang tua belum pernah memiliki bahkan menggunakannya. contohnya telepon seluller (ponsel). Anak – anak usia 5 tahun sudah mulai beradaptasi dengan benda ini. untuk itu sebagai orang tua kita perlu  memberikan arahan kepada anak-anak tentang bahasa sort message sent (SMS) yang akan dikirimkan pada orang lain.

icon-instant-sms-big

Berikut ini lima etika ber sms yang perlu diajarkan pada anak anda:

  1. Pengunaan ponsel jangan sampai menggantikan percakapan: jangan sampai waktu interaksi mereka dengan lingkungan sekitarnya terganggu karena mereka sudah asyik dengan ber-SMS. biasanya anak-anak mulai suka mengirim pesan pendek (SMS) kepada teman sebaya, kakak, atau keluarganya yang lain.
  2. Jangan membalas SMS ketika sedang kesal: anak anda perlu memahami bahawa saat anak anda mengirimka pesan singkat dengan orang lain artinya mereka tidak dapat menari lagi pesan yang telah dikirim. mintalah mereka untuk bersikap tenang ketika membalas. jangan sampai anak anda membalas sms dengan pesan yang kasar. berilah pertimbangan yang lain angar anak anda tidak melakukan hal tersebut.
  3. Hindari SMS sambil bicara: hindari agar anak anda berbicara sambil mengetik sms sama saja dengan menjawab kasar lawan bicaranya saat di telepon. coba tanyakan kepada anak anda bagaiaman perasaannya ketika seseorang memotong pembicaannya.
  4. Ada waktu dan tempat untuk ber-SMS: jangan membiasakan anak-anak membalas telepon saat belajar di dalam kelas, di tempat ibadah, sedang makan atau menonton dibioskop. ajari anak untuk tidak melakukan telepon atau mengirim pesan saat mengemudi atau mengendarai kendaraan.
  5. Jangan membiasakan anak untuk minta maaf lewat SMS: jangan membiasakan anak untuk meminta maaf kepada orang lain lewat SMS. mereka harus minta maaf dengan bertemu dan tatap muka langsung. berikan penjelasan kepadanya bahwa meminta maaf lewat SMSbukan hanya tidak baik namun juga  akan memberikan kesan yang kurang tulus dari permintaan maaf yang dikirim lewat SMS.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: