TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Memilih Les Untuk Anak Sesuai Dengan Karakternya

Posted on: February 15, 2013

Tips memilihkan kursus/les untuk anak berdasarkan karakter anak, menurut Fabiola Pricillia, M. Psi, dari lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia, Jakarta:

1. Anak Aktif. Ciri-ciri: Anak Giat Beraktifitas, tampak energik, dan membutuhkan ruang gerak yang luas. Tips Kursus: Cocoknya diikutkan les yang berkaitan dengan gerak tubuhnya yang aktif, seperti olah raga, bela diri, dan seni gerak, sehingga anak dapat menyalurkan kelebihan energi yang dimilikinya. Jika lingkungan rumah mendkung, memiliki halaman luas dan ada anggota keluarga yang suka main bola, maka anak juga bisa melakukan aktifitas main bolanya tanpa perlu masuk ke dalam club olah raga sepak bola.

Kreativitas anak

Kreativitas anak

2. Anak Pasif. Ciri-ciri: Anak terlihat lamban, kurang gesit, kurang suka kegiatan fisik, cepat mengaku lelah, dan agak lama menyesuaikan diri. Bila melakukan sesuatu yang sesuai dengan mintanya, baru terlihat antusiasmenya dan konsentrasinya pun bisa bagus. Tips Kursus: Biasanya anak pasif memiliki kemampuan obseervasi yang kuat dan imajinasinya juga tinggi. Jadi, bisa Anda pilihkan les yang memangmemerlukan observasi mendetail dan kekuatan imajinasi, seperti catur, merakit robot, serta ketrampilan tangan. Dengan begitu, kemampuan imajinasi, daya analisis, dan observasinya dapat berkembang dengan obtimal. Di sisi lain, anak pasif memiliki kekurangan dalam hal sosialisasi -biasanya sulit bergaul- sehingga perlu diplihkan pula les yang dapat meminimalkan sisi kekurangan dari karakternya ini. Kegiatan berkelompok, seperti dalam klun sains, paduan suara, dan sanggar tari/teater akan membantunya bersosialisasi. Selain itu, anak pasif biasanya juga memiliki kendala dalam mengungkapkan ekspresi. Kegiatan melukis dapat membantu mengungkapkan perasaan dan pikirannya. Hal lain yang penting diperhatikan orang tua, karena anak pasif umumnya sulit menyesuaikan diri dengan segera, maka les sebaiknya diberikan secara bertahap dengan pengenalan terlebih dahulu.

3. Anak Percaya Diri. Ciri-ciri: Anak mudah beradaptasi dengan lingkungan baru alias mudah bergaul/bersosialisasi, lancara mengungkapkan pendapatnya, dan senang pada sesuatu yang ada tentangnya. Tips Kursus: Semua jenis les yang menjadi mintanya. Dengan mengikuti les, anak dapat menambah keyakinan akan kemampuan dirinya, bangga dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga rasa percaya dirinya pun makin bertambah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: