TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Manfaat Mainan “Puzzle Kayu”

Posted on: February 20, 2013

Berikut ini beberapa manfaat mainan Puzzle kayu bagi anak-anak:

puzzle wajah perempuan

puzzle wajah perempuan

Puzzle-Jam

Pazel Burung merak

Pazel Burung merak

Pazel Nelajar Membaca

Pazel Nelajar Membaca

Pazel Angka Hitung

Pazel Angka Hitung

 

 

 

  • Stimulasi Mental

Puzzle adalah sumber stimulasi mental bagi anak-anak dari segala usia, meskipun permainan puzzle telah dilakukan secara berulang-ulang. Anak Anda harus memikirkan strategi terbaik untuk mencocokan potongan-potongan puzzle kayu tersebut seperti memasang potongan tersebut pada tepi pertama dan mengisi ruang koong yang berada ditengah sehingga terbentuklah gambar puzzle yang utuh. Mereka juga ditantang dari bagian pertama sampai dengan terakhir untuk mencoba menemukan potongan khusus dengan menghubungkan bagian atas sehingga menyerupai gambar seutuhnya. Bahkan mainan elektronik dan mainan edukatif yang saat ini di banyak tersedia dipasaran jarang dapat bersaing dengan tantangan yang konsisten disajikan oleh puzzle yang sederhana.

  • Melatih Koordinasi Antara Mata dengan Tangan

Mengembangkan koordinasi antara mata dengan tengan merupakan hal yang sangat penting bagi anak kecil, dan dengan mainan puzzle kayu adalah cara yang bagus untuk melakukannya. Alasan anak-anak kecil harus menggunakan potongan puzzle yang besar dan mencobanya dengan lebih giat untuk menyesuaikannya supaya tecipta keseluruhan gambar yang lengkap adalah karena mereka belum mengembangkan koordinasi yang diperlukan untuk terampil dalam menyusun puzzle dengan potongan-potongan kecil.

Untuk anak bayi, mainan ini bisa dimulai dengan puzzle pasak kayu yang dilakukan dengan bimbingan orang tua dengan cara menuntun tangan kecil sang anak untuk meyusun mainan ini. Dan seiring berjalan waktu mereka mulai bisa menyamai bentuk dan melakukan permainan game puzzle dengan sendirinya. Ini adalah refleksi dari perkembangan bertahap koordinasi antara mata dengan tangan.

  • Keterampilan Pemecahan Masalah dan Penalaran.

Menyusun game puzzle anak juga menuntut pemecahan masalah dan keterampilan penalaran. Anak-anak selalu dihadapkan dengan masalah-masalah kecil yang harus diselesaikan dalam rangka untuk menyelesaikan puzzle supaya berhasil. Misalnya, ketika tersisa beberapa potongan terakhir yang memiliki bentuk dan warna hampir sama maka anak harus menentukan mana yang cocok dan ini biasanya dilakukan dengan proses eliminasi, mencobanya satu persatu bagian di setiap lubang sampai terpasang dengan benar. Dengan waktu, anak-anak mampu memecahkan masalah-masalah kecil ini jauh lebih cepat.

  • Melatih Daya Kreatifitas

Banyak anak yang terpicu daya kreatifnya hanya dengan bermain puzzle. Mereka menikmati melihat gambar pada kotak dan menyelesaikannya. Mungkin mereka dapat diarahkan juga untuk menggambar, melukis, dan gambar warna yang mirip di alam. Saat mengembangkan semua keterampilan di atas, puzzle sering membuka pintu untuk kreativitas juga.
Kualitas Waktu Bersama

Puzzle juga bisa dijadikan hobi yang bisa dinikmati bersama-sama dengan keluarga. Orang tua bisa membantu anaknya yang mengalami kesulitan dan anak juga bisa menceritakan hal tersebut sehingga anak menjadi lebih terbuka kepada orang tua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: