TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Diabetes Militus Pada Anak

Posted on: May 30, 2013

Apa sajakah gejala penyakit diabetes mellitus pada anak-anak? Berikut di antaranya:

1. Anak sering banyak berkemih. Buang air kecil yang dilakukannya ini tidak normal, terlalu banyak, dan bahkan sering mengompol. Hal ini karena tubuh berusaha mengeluarkan glukosa yang berlebihan melalui air kencing.

2. Anak banyak minum. Anak menjadi banyak minum untuk menggantikan cairan yang keluar saat buang air kecil.

3. Anak banyak makan dan mudah lapar. Tubuh belum mendapatkan energi, untuk itu rasa lapar terus ada. Padahal, makanan sudah masuk, namun energi memang belum bisa dibentuk karena glukosanya tak bisa masuk ke dalam sel tubuh.

4. Berat badan yang menurun. Jika anak Anda banyak makan, namun berat badannya malah turun, ini perlu diwaspadai. Berat badan anak kita turun karena tubuh mulai menggunakan sumber lain untuk energi, seperti lemak dan otot. Hal ini terjadi karena sel tubuh tak bisa menyerap glukosa secara normal untuk dijadikan energi.

Pengukuran konsentrasi gula darah dilakukan dengan dua metode yaitu berdasarkan berat (mg/dl) dan jumlah molekul (mol/ml). Konversi dari mg/dl ke mol/ml adalah dengan membagi 18. Misalnya, 200 mg/dl sama dengan 11.1 mol/ml.

5. Anak mudah lelah. Anak terlihat lemah, lesu, dan cepat lelah, padahal tidak melakukan hal-hal yang berat. Ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa untuk energi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: