TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Manfaat Bermain Musik

Posted on: June 11, 2013

Berlatih Musik

Berlatih Musik

Musik dapat memberikan manfaat positif bagi tumbuh kembang si kecil. Jika ingin menerapkannya, pelajari hal ini.

Mendengarkan musik saja sudah banyak manfaat yang diperoleh, apalagi kalau si kecil belajar memainkan alat musik. Sudah pasti 101 faedah yang didapat. Di antaranya, berefek positif bagi perkembangan utamanya aspek kognitif dan kecerdasan emosi, menstimulasi otak kanan dan kiri, mengasah ketrampilan motorik anak, dan lain-lain.

Nah, agar hasil yang diperoleh sesuai dengan harapan Moms, sebaiknya kenali dulu jenis alat musik dan manfaatnya. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

Musik: Meningkatkan IQ

Ada banyak faktor penting yang dapat memengaruhi perkembangan otak si kecil. Salah satunya adalah musik. Menurut Dr Kuei Pin Yeo, orang Indonesia pertama yang berhasil meraih gelar Doctor dalam bidang seni permainan piano dari Manhattan School of Music, New York menjelaskan bahwa mengenalkan musik pada anak sebaiknya dilakukan sejak dini, karena peran musik sangat besar dalam menstimulasi pertumbuhan jaringan sel otak anak.

Wanita yang juga menjabat sebagai President director Yayasan Musik Jakarta ini menambahkan, mengenalkan musik pada anak bisa dimulai dengan mendengarkan musik, melibatkan pada kegiatan-kegiatan bermusik. Baru setelah anak mampu memegang alat musik sendiri, biarkan ia memainkan alat musik. Umumnya anak usia prasekolah (5-6 tahun) sudah dapat memainkan alat musik sendiri.
Musik: Bantu Anak Peka Lingkungan

Ditemui di tempat berbeda, psikolog dari Universitas Indonesia Depok, Dra Linda Primana MSi Psi, menambahkan mengenalkan musik pada anak bukan hanya berpengaruh pada kecerdasan saja melainkan juga dampak psikologisnya. Terlebih bila anak mampu memainkan alat musik sendiri, akan menambah nilai positif baginya.

Dengan musik anak akan peka terhadap lingkungannya, karena di dalam musik ada bagiannya masing-masing, seperti musik pop, dangdut, jazz, klasik, ataupun rock. Tidak hanya itu, jika seluruh fungsi anggota tubuh dirangsang dengan cara bermusik maka akan jadikan anak lebih disiplin dan cepat tanggap.

Musik: Tumbuhkan Percaya Diri dan Kreativitas

Ciri anak yang memiliki percaya diri yang tinggi adalah menyukai tantangan baru, mandiri, mengambil tanggung jawab atas keputusan dan tindakan mereka, serta memiliki percaya diri serta rasa bangga pada kemampuan yang mereka miliki.

Nah, belajar musik dapat membantu anak menjadi percaya diri dan matang. Saat anak-anak tampil di depan penonton , guru, keluarga, orangtua, dan teman-teman akan membangun rasa percaya diri mereka.

Memainkan alat musik juga akan memunculkan ekspresi diri dan kreativitas. Kemampuan mengekspresikan diri, kelak akan membuka pintu kesempatan yang luar biasa bagi masa depannya.
(dat18/Mom & Kiddie)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: