TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

‘Pets Animal’ manfaatnya bagi Anak

Posted on: June 29, 2013

Tidak hanya memberikan manfaat psikologis, memelihara hewan juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan. Respon hewan peliharaan akan berpengaruh terhadap intelenjensia anak.

pets

Sejak awal kehidupannya, anak-anak cenderung menunjukkan ketertarikannya pada binatang. Dunia binatang juga kerap menjadi media paling ampuh bagi orangtua untuk berkomunikasi dengan anak. Lihat saja bayi yang suka bermain dengan mainan binatang atau mendengarkan cerita si kancil, atau si itik buruk rupa. Ketika anak menginjak usia 2-3 tahun, anak mengembangkan kemampuan kognitifnya untuk fokus pada karateristik binatang dalam kehidupan nyata, dan semakin tertarik untuk berinteraksi dengan binatang. Selain karena suara dan gerakan spontan yang dilakukan binatang, anak-anak juga dapat menemukan bahwa dalam beberapa hal, binatang memiliki kesamaan dengan manusia. Sekaligus perbedaan-perbedaannya.Anak memang senang dengan binatang, hal ini lebih disebabkan oleh karena anak merasa bahwa binatang adalah sesuatu yang menyenangkan untuk diajak bermain. Anak-anak senang bermain dan butuh mainan, dan salah satu mainan yang bisa dimainkan adalah binatang. Apalagi binatang bisa memberikan reaksi saat diajak bermain. Jika anak menyatakan keinginan untuk memelihara hewan, orangtua melihat dulu hewan apa yang diinginkan oleh anak. Bila tidak membahayakan anak, serta memang mudah untuk dirawat, tidak ada salahnya membiarkan anak untuk belajar memelihara binatang, apalagi memelihara binatang memberikan banyak manfaat bagi si kecil. Berikut ini adalah beberapa diantaranya:

  • Mengembangkan kemampuan kognitif anak
    Penelitian yang dilakukan Bob Poresky, sosiolog dari Kansas state university, Amerika Serikat, pada tahun 1988 menyimpulkan bahwa kemammpuan kognitif anak dapat meningkat dengan memiliki hewan peliharaan. Jenis-jenis hewan peliharaan yang dapat merespon sikap anak-misalnya kucing dan anjing- cenderung akan meningkatkan intelinjensia anak. Semakin dekat hubungan anak denagn hewan peliharaannya tersebut, maka akan semakin baik kemampuan anak untuk melihat dunia dari sudut pandang binatang peliharaannya. Hal ini akan meningkatkan kemampuan kognitif anak yang kemudian berdampak pula pada intelejensia.
  • Belajar empati
    Ada kecenderungan anak-anak suka memperlakukan hewan dengan cara yang salah, misalnya menarik-narik buntut anjing atau telinga kucing dan lain sebagainya. Tetapi pengalaman memperlihatkan bahwa anak yang mempunyai peliharaan hewan mempunyai empati yang lebih besar, dan cenderung tidak kasar.
  • Belajar tanggung jawab
    Memelihara hewan juga merupakan bentuk tanggung jawab sederhana terhadap sesuatu yang disuka,dalam hal ini binatang. Seperti layaknya manusia, hewan juga adalah mahluk hidup yang butuh makan dan minum. Latihlah si kecil untuk bertanggung jawab dengan meminta mengurus kebutuhan tersebut bagi binatang peliharaan. ingatkan juga akan akibat yang mungkin terjadi seperti sakit atau mati, jika ia lalai dalam memberi makan atau minum.
  • Menghilangkan stress
    Hewan peliharaan dapat membantu anak menghilangkan stress. Dengan melihat tingkahnya yang lucu ketika di ajak bermain. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa kehadiran anjing peliharaan, dapat menghilangkan stress anak yang sedang ujian. Penelitian Ann Ottney Cain,seorang profesor Psychiatric nursing, pada tahun 1985, Juga menemukan bahwa 70% keluarga yang disurvey melaporkan bahwa kebahagiaan dan keceriaan anggota keluarganya meningkat dengan kehadiran hewan peliharaan di tengah keluarga mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: