TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Mendidik Anak Bersikap Mandiri

Posted on: July 13, 2013

Setiap orang tua pasti menginginkan putra putrinya berkembang dengan baik. Sikap mandiri menjadi salah satu sifat yang ingin dikembangkan dalam diri putra putri kita.

Namun, seringkali kita bingung bagaimana caranya membentuk putra putrid kita menjadi sosok yang mandiri sejak mereka kesil tanpa perlu memaksakan mereka untuk melakukan sesuatu yang mereka tidak inginkan.

Membentuk sosok anak yang madiri dengan kemauan meeka adalah tugas orang tua. Tidak hanya mandiri dalam perbuatan tetapi juga mandiri dalam pemikiran.

Hal ini dikarenakan sikap mandiri seorang anak tidak akan datang dengan sendirinya tanpa didikan orang tua.

Untuk itulah mendidik anak bersikap mandiri sejak dini merupakan hal penting.

Beberapa tips membentuk dan melatih putra putrid kita agar memiliki sikap mandiri ada di bawah ini.

Berikan Reward atau Pujian
Memberikan pujian kepada anak setelah mereka melakukan hal-hal yang bersifat positif dapat memotivasi mereka untuk melakukannya lagi di lain kesempatan.

Meskipun hasil akhirnya kurang begitu bagus dan memuaskan namun hal ini juga akan mendorong mereka untuk melakukannya lebih baik lagi nanti.

Dorongan dan Motivasi Kepada Anak
Berikan dorongan serta motivasi kepada anak dalam melakukan sesuatu dengan kekuatannya sendiri. Lebih baik jangan mudah memberikan bantuan ketika mereka mendapatkan kesulitan dalam melakukan sesuatu.

Akan lebih baik jika kita memberikan motivasi serta dorongan sehingga anak akan mencari berbagai cara mengatasi kesulitan tersebut.

Berikan Kesempatan Memilih
Jika mereka menginginkan sesuatu, seperti mainan, biarkan mereka memilihnya sendiri. Ketika mereka memilih sesuatu yang kurang sesuai atau kurang bagus, berikan pengertian dan fakta-faktanya kepada mereka sehingga mereka dapat belajar menilai sendiri mana hal yang lebih baik untuk dipilih. Hal ini akan membantu merka berfikir mandiri dan melatih mereka untuk mengambil keputusan.

Diskusi
Luangkanlah waktu untuk berdiskusi dengan putra putrid kita. diskusikan hal-hal membuat mereka berfikir kritis dan tanggap.

Memberikan pancingan kepada mereka dengan suatu permasalahan dan meminta mereka memberikan tanggapan akan menjadi hal yang menarik dan membantu mereka berfikir kritis.

Berikan arahan pula kepada mereka sehingga solusi yang mereka berikan berasal dari pertimbangan yang matang.

Berikan Contoh
Ajak putra putri kita untuk lebih peduli terhadap lingkungan sekitarnya dengan membantu sesamanya. Berikan contoh kepada mereka dan berikan pula alasan dan esensi mengapa kita harus peduli kepada mereka.

Libatkan mereka di dalam kegiatan tersebut, misalnya dengan mengajak mereka turut serta menyalurkan bantuan kepada orang yang membutuhkan.

Taat Ibadah
Ajarkan dan biasakan kepada putra putri kita untuk selalu taat beribadah. Berikan juga pengertian pada mereka bahwa hanya Tuhan lah tempat kita dapat menggantungkan diri, yaitu dengan taat berdoa dan berusa sekuat tenaga.

Dengan cara ini, kita akan mendidik mereka tidak hanya mandiri dalam perbuatan dan pikiran mereka tetapi juga membentuk mental mereka agar tidak mudah putus asa dan tetap kembali kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: