TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

‘Cara Dan Tips Agar Anak Suka Membaca’

Posted on: July 29, 2013

Membaca adalah jendela dunia, melatih anak gemar membaca merupupakan tugas yang gampang-gampang susah. Karena banyak faktor yang mendukung agar anak gemar membaca. karena semakin banyak informasi dan kemajuan teknologi mau tidak mau orang tua harus ikut mengawasi perkembangan anak.

berikut ini ada beberapa tips agar anak gemar membaca:

Hobi Membaca

Hobi Membaca

    1.  Dengan Metode Glenn Doman.

    Tentu kita sering mendengar metode Glenn Doman yang terkenal di Indonesia lewat program “belajar membaca untuk bayi”. Ahli Glenn Doman menyampaikan bahwa ia percaya, kenyataannya anak mampu belajar membaca sejak usia sangat dini bahkan sejak anak baru dilahirkan. Metode ini diberikan dengan menggunakan flash card yang banyak tersedia toko-toko buku di kota anda. Cara dan petunjuk pengajaran terdapat dalam kemasan. Metode ini dipercaya dapat meningkatkan daya ingat otak kanan sehingga menambah perbendaharaan kata si anak, selain dapat melatih kemampuan kosentrasinya. Metode ini dapat diberikan pada anak sejak usia 4 bulan – 3 tahun.

  1. Membacakan dongeng untuk anak.
    Membacakan dongeng pada anak dapat memberikan beberapa manfaat, selain meningkatkan imajinasi pada anak, membacakan dongeng dapat menambah perbendaharaan kata dan tata bahasa yang baik pada anak. Melalui dongeng kita dapat mengajarkan pesan-pesan sosial kepada anak sehingga dapat melatih anak untuk berpikir rasional, meyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Apapun dongeng yang kita baca akan menambah pengetahuan pada anak, menimbulkan rasa keingintahuannya sehingga dapat meningkatkan minat baca.
  2. Memberikan buku-buku cerita bergambar.
    Berikan buku bergambar yang menarik dan penuh warna pada anak sejak usia dini. Ajak anak melihat-lihat gambar dan membaca cerita bersama. Ini dapat menarik minat baca pada anak dikemudian hari.
  3. Berikan mainan dan gambar-gambar berbentuk huruf.
    Pasangkan poster-poster bergambar huruf yang menarik ditempat anak sering bermain atau karpet bongkar pasang yang bergambar huruf. Berikan mainan puzzle yang bergambar huruf dan lain sebagainya. Ajak anak mengenal huruf sambil bermain tanpa harus memaksa.
  4. Ajaklah bernyanyi.
    Dengan bernyanyi kita dapat memberikan banyak pelajaran pada anak. Selain menambah perbendaharaan kata, lewat lagu kita dapat mengajarkan huruf-huruf. Kenalkan anak lagu a-b-c sambil menunjukkan huruf-hurufnya
  5. Memberikan teladan Orang tua merupakan contoh yang akan ditiru anak. Bagaimana anak mau rajin membaca kalau orang tuanya saja tidak memiliki kebiasaan membaca. Menyuruh tanpa contoh kongkrit hanya akan membuat anak memiliki banyak alasan dan menyangkal. Oleh karena itu buatlah jam keluarga untuk digunakan sebagai waktu untuk belajar. Belajar bisa dengan membaca dan matikan segala aktivitas yang bisa mengganggu konsentrasi membaca.
  6. Mengalokasikan dana Para orang tua hendaknya menyisihkan sedikit penghasilannya untuk membeli buku. Baik itu untuk anak-anak maupun untuk orang tua itu sendiri. Ajak anak untuk ikut mengunjungi toko buku agar anak memiliki minat baca. Buku yang dibeli tidak harus mahal tapi belilah buku yang bisa memberikan manfaat. Untuk anak-anak biasanya suka melihat buku cerita yang menampilkan gambar baik itu gambar binatang, kendaraan dan lain sebagainya.
  7. Mengunjungi perpustakaan gratis atau toko buku Bagi keluarga yang memiliki dana minim, langkah di atas bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran. Saat ini rumah baca gratis sudah mulai tumbuh dan bisa kita temui dibeberapa tempat. Dan masih banyak lagi cara kreatif lainnya agar anak memiliki minat baca.
  8. Melatih anak untuk membawa buku Membiasakan bepergian membawa buku akan sangat membantu dalam menumbuhkan minat baca. Kebiasaan membawa buku ini akan bisa mempengaruhi untuk membaca dikala sedang senggang. Misalnya ketika sedang menunggu, mengantri ataupun aktivitas lainnya yang sifatnya sengang. Kebiasaan membawa buku sudah banyak dilakukan oleh orang-orang bule. Namun kebiasaan membawa buku di kala bepergian ini akan sangat jarang kita jumpai di Indonesia.
  9. Membuat perpustakaan keluarga Mengumpulkan buku yang sudah berserakan dimana-mana menjadi satu tempat akan membuat suasana kondusif sehingga minat baca tetap terjaga. Buatlah ruangan khusus baca agar anak tertarik menyimpan koleksi bukunya sehingga anak akan tertarik untuk membeli buku baru lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: