TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Menjaga Kesehatan Telinga

Posted on: November 14, 2013

Seberapa sering Anda membersihkan telinga Anda? Tahukah Anda, kebiasaan membersihkan telinga terlalu sering ternyata tidak bagus untuk kesehatan telinga.

Biasanya telinga dibersihkan menggunakan cotton buds, menurut para ahli kebiasaan tersebut tidak baik, karena cotton buds justru akan membuat kotoran telinga terdorong ke dalam, sehingga kotoran masuk ke dalam cekungan dekat gendang telinga. Jika sudah mengendap terlalu lama, maka kotoran akan mengeras bahkan membatu di liang telinga.

Tidak hanya kotoran yang bisa menggangu telinga, ada beberapa jenis benda yang bisa membahayakan kesehatan telinga, kira-kira bagaimana penanganannya?

– Saat kita berenang, keramas atau bahkan mandi, kadang air tidak sengaja akan masuk kedalam telinga.  Anda tidak perlu khawatir jika air yang masuk air bersih, karena air yang masuk akan keluar dengan sendirinya. Namun jika yang masuk air kotor, Anda harus hati-hati, karena air kotor bisa saja semakin menumpukan kotorannya didalam telinga, untuk itu segeralah periksa ke ahli THT untuk penanganan lebih lanjut.

– Hati-hati menggunakan cotton buds, karena jika kapas tertinggal di dalam akan mempengaruhi pendengaran, kapas akan menyumbat gendang telinga jadi pendengaran kurang. Jika tidak bisa menghilangkan kebiasaan membersihkan telinga dengan cotton buds, sebaiknya lebih hati-hati dalam menggunakannya, jangan sampai cotton buds menggores atau manusuk gendang telinga.

 -Serangga kecil atau semut bisa juga menggangu telinga. Ketidaksengajaan serangga yang masuk dalam telinga bisa membuat telinga Anda infeksi akibat gigitannya. Untuk itu perhatikan alas tidur Anda, pastikan tidak ada serangga yang bisa masuk dalam telinga.

Tips menjaga kesehatan telinga

1.Jangan membersihkan telinga dengan cotton buds ( jika terpaksa, usahakan hati-hati)
2.Biasakan mengunyah makanan dengan baik, karena mengunyah adalah mekanisme alamiah tubuh untuk mengeluarkan kotoran dari dalam telinga. Kotoran yang keluar dengan sendirinya dan terbilas saat mandi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: