TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Penilaian Siswa

Posted on: September 15, 2014

Memberikan penilaian terhadap anak perlu dilakukan, agan memberikan kemudahan bagi guru untuk memberikan evaluasi dan melakukan perbaikan bagi siswanya. Kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum TK dan RA merupakan criteria yang perlu dipenuhi anak didik selama mengikuti pendidikan di TK. Untuk mengetahui ketercapaian kompetensi anak didik perlu dilakukan penilaian. Dengan penilaian dapat diketahui dan ditetapkan aspek-aspek perkembangan yang telah dicapai dan belum dicapai. Jadi penilaian dalam pembelajaran di TK adalah suatu usaha mengumpulkan dan menafsirkan berbagai informasi secara sistematis, berkala, berkelanjutan, menyeluruh tentang proses dan hasil dari pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai oleh anak didik melalui kegiatan pembeajaran.

tabel penilaian

Griffin dan Nix (1991) mengemukakan bahwa penilaian adalah kegiatan untuk menentukan nilai suatu program termasuk program pendidikan. Dari dua batasan tersebut dapat dikemukakan bahwa di dalam penilaian terdapat kegiatan pengambilan keputusan. Keputusan itu meliputi tentang apa-apa yang telah direncanakan, dilakukan atau diberikan. Astin (1993) mengemukakan penilaian merupakan suatu proses mengumpulkan informasi secara sistematik untuk membuat keputusan tentang individu. Keputusan yang diambil berdasarkan informasi yang diperoleh berdasarkan aturan tertentu.

Brewer (1992) dalam Soemiarti (2000) menyatakan penilaian adalah penggunaan system evaluasi yang bersifat komprehensif (menyeluruh) untuk menentukan kualitas dari suatu program atau kemajuan dari seorang anak.
Howard Gradner (2002) menegaskan bahwa penilaian merupakan upaya memperoleh informasi mengenai keterampilan dan potensi diri individu dengan dua sasaran. Pertama, memberikan umpan balik yang bermanfaat kepada individu yang bersangkutan. Kedua, sebagai data yang berguna bagi masyarakat yang ada di sekitarnya. Ini memperjelas bahwa penilaian berkaitan dengan informasi tentang diri seseorang dalam suatu kegiatan, waktu, atau stimulans tertentu.
Berikut ini merupakan Aspek-aspek perkembangan yang harus dinilai dikemukakan berikut ini.
1. Fisik
Penilaian aspek perkembangan fisik meliputi :
a. Motorik halus
– Dapat mengurus dirinya sendiri dengan sedikit bantuan:
• Makan
• Berpakaian
• Mandi
• Menyisir rambut
• Mencuci dan melap tangan
• Mengikat tali sepatu
– Dapat membuat berbagai bentuk dengan menggunakan misalnya tanah liat, plastisin, play dough
– Meniru membuat garis tegak, miring, lengkung dan lingkaran
– Meniru melipat kertas sederhana (1-12 lipatan)
– Menggambar orang dengan bagian-bagiannya
– Belajar menggunting bebas dengan berbagai media
– Belajar menggunting dengan berbagai media sesuai dengan poa (gelombang, zig-zag, lingkaran, segiempat, segitiga)
– Dapat membuat lingkaran dan bujur sangkar
– Menyusun menara kubus
– Menjahit sederhana dengan menggunakan tali sepatu, benang wol, raffia, dan sebagainya
– Menyusun menara kubus minimal 8 kubus
b. Motorik Kasar
– Dapat berjalan bangun tanpa berpegangan
– Berjalan
• Pada garis lurus
• Pada jari kaki (berjinjit)
• Mendur sejauh 1-3 meter
• Di atas papan titian
• Dengan tumit dengan keseimbangan
• Melompat dengan alat atau tanpa alat
• Di tempat
• Ke depan, ke samping
• Dengan satu kaki
– Meloncat dari ketinggian 20 cm
– Memanjat
– Berlari
• Dengan cepat
• Sambil melompat
– Bermain dengan bola (menangkap, melempar, menendang)
– Naik sepeda roda dua
2. Kognitif
Penilaian aspek perkembangan kognitif meliputi :
a. Sains
– Mengelompokkan benda dengan berbagai cara yang diketahui anak (misalnya, menurut warna, bentuk, ukuran)
– Mencari/menunjuk sebanyak-banyaknya benda, binatang, tanaman yang mempunyai warna, bentuk atau ukuran atau menurut ciri-ciri tertentu
– Mengenal perbedaan antara kasar dan halus, berat dan ringan, panjang dan pendek, jauh dan dekat.
– Membedakan bermacam-macam rasa, bau, atau suara
– Menyebutkan perbedaan dua buah benda
– Mencari lokasi asal tempat suara
– Mencoba dan menceritakan apa yang terjadi, jika :
• Warna dicampur
• Biji ditanam
• Balon ditiup lalu dilepas
• Benda-benda dimasukkan ke air
• Benda-benda dijatuhkan, dan lain-lain
– Memasangkan benda sesuai dengan pasangannya
b. Matematika
– Menyebut urutan bilangan dari 1-10
– Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda-benda)
– Menghubungkan konsep bilangan dengan lambang bilangan (anak tidak disuruh menulis)
– Mengenal konsep bilangan sama dan tidak sama, lebih dan kurang, banyak dan sedikit
– Menyebutkan benda yang berbentuk geometri
– Mengelompokkan lingkaran, segitiga dan segiempat
– Menyusun kepingan puzzle menjadi bentuk utuh (4-15 bagian)
– Mengenal ukuran panjang, berat dan isi
– Mengenal alat untuk mengukur
– Menyatakan waktu yang dikaitkan dengan jam
– Mengenal penambahan dengan benda-benda 1-10
– Mengenal pengurangan dengan benda-benda 1-10
– Mengurutkan benda 1-10 berdasarkan urutan tinggi rendah, besar kecil, berat ringan, tebal tipis.
– Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk 2-3 pola yang berurutan misalnya merah, putih, biru, merah, putih, biru, merah, ….
– Meniru pola dengan menggunakan 4 kubus
– Mengerjakan mencari jejak yang lebih rumit.
3. Bahasa
Penilaian aspek perkembangan bahasa meliputi
– Menyebutkan nama, jenis kelamin
– Berbicara lancar dengan kalimat sederhana
– Menirukan kembali 2 s.d 4 urutan kata (latihan pendengaran)
– Mampu melaksanakan 1-2 perintah secara berurutan dengan benar
– Memberi keterangan/informasi tentang sesuatu hal
– Melengkapi kalimat sederhana yang diucapkan guru
– Dapat mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut
– Mengekspresikan diri melalui dramatisasi
– Membuat kata sebanyak-banyaknya dari suku kata awal yang disediakan dalam bentuk lisan
– Memahami konsep lawan kata
– Mengenal kata kerja melalui gerakan-gerakan yang sederhana, misalnya duduk, jongkok, berlari, makan, menangis
– Menggunakan kata gantu (aku, kamu, saya, dia)
– Mengucapkan suku kata dengan nyanyian. Misalnya la-la-la, ma-ma-ma, ti-ti-ti
– Menggunakan konsep waktu ( hari ini, besok, sekarang, nanti, pagi, sore, malam, dan lain-lain)
– Mengungkapkan beberapa sajak sederhana
– Menyebutkan tulisan sederhana melalui symbol yang melambangkannya.
– Dapat menceritakan gambar (gambir yang disediakan atau dibuat sendiri)
– Mengurutkan dan menceritakan isi gambar berseri
– Menggunakan dan dapat menjawa pertanyaan apa, mengapa, dimana, berapa, bagaimana, kapan, dan sebagainya.
– Dapat menggunakan bahasa isyarat seperti anggukan kepala, gerakan tubuh, tangan dan mata.
4. Sosial-Emosional
Penilaian aspek perkembangan social-emosional meliputi
– Tenggang rasa terhadap orang lain
– Bekerja sama dengan teman
– Mudah bergaul/berinteraksi dengan orang lain
– Dapat berkomunikasi dengan orang yang sudah dikenalnya
– Meniru kegiatan orang dewasa
– Mau berbagi dengan teman
– Mau bermain dengan teman sebaya
– Tolong menolong sesama teman
– Dapat mengikuti aturan permainan
– Dapat mematuhi aturan yang ada
– Dapat memusatkan perhatian
– Belajar memisahkan diri dari orangtuanya terutama ibu
– Menyayangi anggota keluarga dan teman-temannya
– Merasa puas atas prestasi yang dicapai
– Dapat mengendalikan emosi
– Menunjukkan reaksi emosi yang wajar karena marah, senang, sakit, takut, dsb
– Berani dan mempunyai rasa ingin tahu yang besar
– Dapat menghindari obat-obat yang berbahaya
– Dapat menggunakan benda-benda yang berbahaya dengan hati-hati
5. Seni
Penilaian aspek perkembangan seni meliputi:
– Menggambar bebas dengan menggunakan pensil warna, arang, krayon, dan lain-lain
– Menggambar bebas dengan bentuk gambar titik, garis, lingkaran, segiempat, segitiga, dan bujur sangkar yang sudah tersedia
– Menggambar bebas di dalam lingkaran, segiempat, segitiga, dan bujur sangkar yang sudah tersedia
– Melukis dengan jari (finger painting), kuas, pelepah pisang, dan sebagainya
– Mewarnai bentuk gambar sederhana
– Meronce
– Menciptakan bermacam-macam bentuk bangunan dari kubus
– Menganyam sederhana
– Membatik dan jumputan
– mencipta dengan stempel
– Permainan warna dengan menggunakan berbagai media, misalnya krayon, cat air, dan lain-lain
– Menciptakan kolase, mozaik
– Menggerakkan kepala, tangan atau kaki sesuai dengan irama music/ritmik
– Bergerak bebas sesuai dengan irama music
– Menyanyikan beberapa lagu anak-anak
– Meniru gerakan binatang, tanaman, dan sebagainya
– Senam dengan berbagai variasi
6. Moral dan Nilai Agama
Penilaian aspek perkembangan moral dan nilai agama meliputi
– Berdoa sebelum dan sesudah memulai kegiatan
– Meniru pelaksanaan ibadah agama
– Menyayangi dan memelihara semua ciptaan Tuhan
– Cinta antara sesama suku bangsa Indonesia
– Mengenal arti kebersamaan dan persatuan
– Mengenal sopan santun dengan berterima kasih
– Mengucapkan salam bila bertemu dengan orang lain
– Rapi dalam bertindak, berpakaian dan bekerja
– Mengenal konsep benar dan salah
– Dapat mengurus dirinya sendiri
– Bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan
– Menjaga kebersihan diri
– Menjaga kebersihan lingkungan
– Mengenal bendera
– Mengenal suku bangsa, pakaian, rumah adat, tarian
Aspek transformasi terdiri dari materi, metode dan media pembelajaran, system administrasi dan guru serta personal lainnya. Aspek ini dinilai untuk mengetahui efektivitas pemanfaatannya dalam kegiatan pelaksanaan program. Seberapa besar aspek transformasi dapat membantu pencapaian perkembangan diri anak.
Aspek output meliputi seberapa jauh anak mencapai tujuan yang telah ditetapkan atau seberapa jauh anak memiliki dasar-dasar untuk pertumbuhan dan perkembangan diri selanjutnya. Dengan kata lain, penilaian akan menunjukkan seberapa banyak aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan yang telah dikemukakan diatas sebagai input dapat dimiliki atau dicapai anak dari kegiatan pelaksanaan program yang diikutinya.

Tags:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: