TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Belajar hijaiyah

Posted on: March 5, 2015

Mengenal Huruf Hijaiyah sejak dini akan memudahkan orang tua untuk mengajarkan anak membaca al quran. Pembelajaran ini menuntut pendekatan yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang memusatkan perhatian pada anak. Karena anak merupakan dambaaan bagi setiap orang tua dan generasi penerus bangsa, namun salah satu permasalahan yang muncul adalah tidak setiap orang tua atau pendidik memahami cara yang tepat dalam mendidik anak usia dini. Salah satu cara untuk memperkenalkan pendidikan agama kepada anak-anak adalah dengan cara memasukan mereka ke sekolah-sekolah agama atau pada kegiatan-kegiatan TPA (Taman Pendidikan Al Qur’an) yang sesuai dengan usianya.

Biasanya hal  pertama yang diajarkan adalah dengan memperkenalkan huruf hijaiyah agar kelak mereka dapat membaca Al Qur’an. Huruf hijaiyah yang terdiri dari 29 huruf tersebut mempunyai bentuk dan karakter berbeda-beda pada penekanan bentuk dan titiknya, hal ini kadang sering menyulitkan anak-anak untuk dapat dengan cepat melafalkan dan menghafal ke 29 huruf hijaiyah tersebut. Permasalahan yang sering terjadi diantaranya anak sering tertukar melafalkan huruf-huruf hijaiyah terutama huruf-huruf yang sama bentuknya tetapi berbeda titiknya, sehingga akan membuat anak menjadi malas untuk mengaji. Oleh karena itu perlu adanya suatu strategi pembelajaran yang dapat menarik minat anak untuk lebih tertarik mengenal dan melafalkan huruf hijayah, dimana sebaiknya setiap huruf dikenalkan dengan berbagai permainanan, kegiatan motorik, menyanyi dan tepuk akan terasa lebih menyenangkan dan mudah dipahami oleh anak, anak akan merasa serasa bermain padahal tanpa terasa anak sedang belajar huruf-huruf hijaiyah

Banyak media yang dapat digunakan untuk mengajari anak mengenal huruf hijaiyah bisa menggunakan Kartu Huruf hijaiyah, Iqro, dan bisa juga menggunakan media audio visual.  Media tersebut bisa diperlihatkan kepada anak secara terus menerus dan mengajarkan cara melafazkan nya. Buku iqro juga bisa dimodifikasi dengan beragam cara saat anak berlatatih untuk menuliskan huru-huruf tersebut, dengan membuat garis putus-putus mengikuti bentuk huruf hijaiyah.

 

Huruf HIjaiyah

Huruf HIjaiyah

 

 

 

 

 

 

 

Ba'

Ba’

2 Responses to "Belajar hijaiyah"

Pada usia berapa anak harus di ajarkan mengaji ?

Sebaiknya anak harus diajarkan mengajak sedini mungkin agar mereka mengenali agama mereka dan lebih mudah melafazkannya. untuk trik pertama orangtua bisa mengajaknya belajar dengan menempel poster di dinding (poster huruf hijaiyah). Sedari awal anak mulai belajar bicara orang tua juga mengajarkan huruf hijaiyah kepada ank-anaknya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: