TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Tips Memilih Sekolah TK atau Kelompk Bermain Untuk Anak

Posted on: March 19, 2015

Fasilitas Bermain

Fasilitas Bermain

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang terdiri dari Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK), merupakan jenjang pendidikan prasekolah non formal bagi anak, sejak lahir sampai dengan usia enam tahun, yang tujuan utamanya untuk mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi (SD). Selain itu, program PAUD JUGA harus membantu dalam membangun karakter dan membentuk kepribadian anak. Saat ini, ada banyak pilihan sekolah KB dan TK mulai dari yang berstandar nasional, nasional plus hingga KB / TK yang berstandar Internasional. Metode, program dan nilai yang diusung oleh masing-masing prasekolah/preschool juga berbeda. Berbagai pilihan sekolah yang ada seringkali membuat orangtua bingung dalam memilih sekolah KB / TK yang bagus dan tepat untuk anaknya.

Ada berbagai alasan untuk memilih sekolah tertentu, namun pada dasarnya, sekolah preschool yang bagus dan baik adalah sekolah yang memperhatikan kebutuhan psikologis mendasar anak dan tahapan perkembangan anak. Misalnya, kebutuhan anak untuk merasa mampu dengan memberikan kesempatan pada anak untuk menampilkan kebiasaannya atau mengikuti kompetisi walaupun kurang berprestasi. Sekolah juga harus bisa memenuhi kebutuhan unik masing-masing anak dengan menyesuaikan cara pengajaran dengan karakter dan kemampuan anak. Dan yang paling penting, sekolah haruslah memiliki tujuan pendidikan dan nilai-nilai yang sama dengan orangtua sehingga bisa membantu pencapaian tujuan jangka panjang orangtua untuk anak.

Berikut beberapa tips dan faktor yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sekolah KB / TK yang bagus dan tepat bagi anak Anda:

Kualitas guru 
Guru Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak harus bisa memancing anak untuk aktif dalam berkreasi, merangsang rasa keingintahuan anak, menerima setiap anak apa adanya, dan mengembangkan lingkungan yang disiplinnya positif.

Jumlah guru 
Jumlah guru PAUD harus proporsional dengan jumlah murid. Setidaknya dalam satu kelas ada dua orang guru yang dapat membantu anak dalam kegiatan di dalam kelas.

Sarana dan fasilitas 
Sekolah yang baik tidak harus memiliki bangunan yang mewah, yang penting kebersihan, keamanan dan sarananya. Sarana dan fasilitas yang tersedia harus sesuai dengan kebutuhan anak dan menunjang perkembangan anak baik dari segi motorik, kognitif, sosial maupun emosi anak.

Lokasi sekolah 
Pilih sekolah yang letaknya strategis dan tidak terlalu jauh dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit untuk menghindari resiko terlambat dan anak terlalu capek. Selain itu, jarak tempuh yang lebih pendek juga menghemat waktu dan biaya.

Uang sekolah 
Uang sekolah yang mahal tidak berarti sekolahnya pasti bagus, begitu pula sebaliknya biaya sekolah yang murah belum tentu berarti sekolahnya tidak berkualitas. Bandingkan biaya sekolahnya dengan kurikulum, program dan fasilitas yang diperoleh. Pilih sekolah dengan syarat penerimaan dan uang sekolah yang masuk akal dan tentunya yang sesuai budget Anda.

Kurikulum sekolah
Tiap sekolah memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Ada yang menerapkan kurikulum pendidikan nasional, nasional plus hingga internasional. Ada pula yang menambahkan unsur keagamaan di dalam kurikulum sekolah. Ada sekolah yang menggunakan pengantar Bahasa Indonesia, ada yang Bahasa Inggris, dan adapula sekolah yang menggunakan dua bahasa (bilingual). Pilihlah sekolah dengan kurikulum yang sesuai dengan tujuan pendidikan Anda untuk anak Anda.

Metode dan program 
Program dan beban pelajaran yang diberikan harus sesuai dengan karakter dan kemampuan anak. Sebaiknya pilih sekolah yang menekankan pada proses pembelajaran, bukan pada nilai atau hasil akhir. Jadi, anak tidak dituntut di luar kemampuannya, melainkan didorong untuk bisa dan bangga atas kemampuannya sehingga belajar menjadi proses yang menyenangkan buat sang anak.

Jika anak cenderung proaktif, sekolah alam adalah pilihan sekolah yang tepat. Sekolah alam memberikan stimulasi pada anak melalui pengalaman bermain dan eksplorasi langsung terhadap dunia di sekitarnya. Namun, jika Anda ingin anak menjadi pribadi yang berani, pilihlah sekolah yang banyak mengasah kemampuan partisipasi anak misalnya sering mengadakan diskusi dengan anak didiknya. Jika disiplin diri dan kemandirian menjadi fokus utama Anda, maka cari sekolah yang mengajarkan hal-hal tersebut. Ada pula sekolah yang mengusung konsep belajar aktif (active learning), di mana anak dilatih untuk kreatif dengan menciptakan berbagai kreasi dari benda-benda di sekitarnya.

Waktu belajar 
Pilih waktu belajar yang menyenangkan buat anak Anda. Jika anak Anda bisa bangun pagi dan mood nya baik di pagi hari, Anda bisa memasukkan anak ke sekolah pagi. Sebaliknya, jika anak susah bangun pagi, sebaiknya pilih sekolah dengan jadwal yang lebih siang.

Survei 
Salah satu cara dalam memilih SEKOLAH Kelompok Bermain dan Taman Kanak-kanak yang paling tepat untuk anak Anda adalah melakukan survei langsung ke sekolah-sekolah pilihan Anda. Cari tahu mengenai program yang ada di sekolah-sekolah tersebut dan sesuaikan dengan minat dan kemampuan anak Anda. Cari tahu juga tentang fasilitas sekolah mulai dari kelengkapan labolatorium seperti laboratorium bahasa dan komputer, kamar mandi, kantin, hingga fasilitas antar jemput anak. Anda juga bisa mempertimbangkan sekolah yang direkomendasikan oleh keluarga ataupun kerabat Anda. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lihat pada saat berkeliling ke sekolah-sekolah:

  • Ruang kelas memiliki ruang yang cukup untuk anak bergerak, berkumpul dan berinteraksi dengan baik dengan guru dan teman.
  • Dinding kelas dihiasi dengan hasil karya siswa. Hasil karya yang hampir sempurna dan seragam satu sama lain mungkin menandakan sekolah tersebut kurang memperhatikan perbedaan kebutuhan dan kemampuan masing-masing anak.
  • Wajah siswa yang bersemangat dan sibuk melakukan tugas atau kegiatan bisa menunjukkan bahwa gurunya memberi kegiatan yang cukup menarik untuk anak.
  • Hubungan guru dan siswa terlihat hangat dan tulus, tidak bersifat mengendalikan dan memerintah.
  • Lingkungan sekolah menyenangkan. Staf dan guru ramah terhadap pengunjung dan siswa.

Demikian beberapa tips dan cara memilih sekolah KB / TK yang bagus dan tepat untuk buah hati Anda. Ingatlah, masa kanak-kanak adalah masa bermain. Jadi, hindari memaksakan pendidikan yang terlalu berat/serius agar anak tidak kehilangan masa bermainnya. Les tambahan untuk anak usia prasekolah seperti membaca, berhitung, piano, balet, dll. juga tidak perlu kecuali jika anak menginginkannya.

Sekolah bagus dan mahal bukan jaminan anak pasti berhasil, namun yang paling penting adalah memyesuaikan dengan kemampuan dan kemauannya. Memaksakan anak sekolah di bidang yang bukan minat atau keahliannya tentu akan menghambat perkembangan potensinya. Jangan juga memasukkan anak ke sekolah favorit jika anak kesulitan secara akademis, persaingan yang ketat hanya akan membuat anak semakin stress dan kehilangan semangat belajarnya. Kunci dalam memilih sekolah KB / TK yang bagus untuk anak adalah memilih sekolah yang sesuai dan bisa menjadi fasilitator dalam menstimulasi perkembangan anak Anda, baik fisik (motorik kasar maupun halus), kognitif (daya pikir dan daya cipta), emosi, sosial, dan kemampuan berbahasanya.

sumber : http://www.bayiku.org

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: