TAMAN PENDIDIKAN PRASEKOLAH CAHAYA INSAN CENDEKIA

Mengenal Bumi Kita

Posted on: March 31, 2015

Teman-teman dimanakah sekarang ini kita tinggal? Kita tinggal di salah satu planet yang ada di jagad raya ini, namanya Planet Bumi. Planet yang kita tempati jika dilihat dari jauh berwarna kebiruan, karena sebagian besar penyusun bumi kita diliputi oleh air dan daratan. Air (laut, danau, dan sungai) dan Daratan terdiri dari hamparan tanah, pasir dan batuan.

bumi2

Jika dibelah bumi kita terdiri dari tiga lapisan besar, yaitu kerak bumi (tempat tinggal kita), mantel atas, mantel bawah, dan inti luar dan inti dalam. Jika kita ibaratkan bagian kulit apel merupakan kerak bumi, daging buah apel sebagai mantel, dan biji dan bagian keras sekelilingnya sebagai inti.

Bumi yang kita tempati bersuhu paling panas 58,8o C (bashrah, Irak) dan bersuhu paling dingin -93,2 oC (bagian Timur Kutub Selatan). Semakin kedalam suhunya semakin panas. Inti bumi bagian dalam tersusun oleh besi cair yang bersuhu 6000 derajat hampir sama dengan panas pada permukaan matahari.Di bagian tengah bumi, tertanam material (uranium dan kalium) yang terbentuk dari besi dan radiasi. Teori yang paling kuat mengatakan bahwa penyebabnya adalah energi yang timbul saat material yang terbentuk dari radiasi hancur,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: